Ujian dengan Moodle di Edutez.id

0
75

Pada situasi pandemic covid-19 yang berkepanjangan metode pembelajaran jarak jauh yang menggunakan berbagai platform edukasi kini semakin populer salah satunya banyak sekolah yang mulai memanfaatkan server yang biasanya digunakan untuk UNBK kita sudah difungsikan sebagai server elearning dengan menggunakan LMS opensource Moodle yang kian hari kian populer.

Sekolah Islam Harapan Ibu (SiHi) melalui Divisi Litbangtik melahirkan edutez.id  untuk membantu sekolah-sekolah yang ingin melaksanakan ujian pada sistem moodle yang sudah di bangung pada teknologi cloud terpercaya dengan skema autoscale server (dimana server mengikuti jumlah pengguna secara otomatis). 

Edutez.id menawarkan paket penyelengaraan ujian pada alamat belajar.edutez.id dimana sekolah cukup mengirimkan data siswa dan soft copy soal yang nantinya akan di upload dan diatur untuk pelaksanaan ujiannya. 

Biaya ?

Biaya yang dikeluarkan oleh sekolah cukup murah bahkan jika dicermati sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena edutez.id mengenakan tarif berdasarkan dari biaya fotocopy / penggandaan soal pada ujian konvensional. berikut contoh perhitungan biaya pelaksanaan ujian dengan platform moodle di belajar.edutez.id

S = Jumlah Siswa
T = Jumlah Test
H = Rata-rata Halaman Ujian Per Mata Pelajaran (Kami mengambil angka 4 halaman)
L = LJK (Lembar Jawaban) L = S x T
PS = Biaya Penggandaan Soal
TK = Total Kertas
M = Biaya Manage (Upload, User, monitoring, Report) = S x T x Rp 100
Dengan perhitungan sebagai berikut untuk 100 Siswa dengan Jumlah Test sebanyak 60

Pada tabel tersebut dapat dilihat bahwa biaya pelaksanaan ujian dengan moodle pada belajar.edutez.id hanya menghitung berdasarkan biaya penggandaan soal. dan yang perlu jadi pertimbangan yakni:

  • Sekolah cukup memberikan softfile soal (tim edutez by sihi yang akan upload)
  • Tidak perlu memikirkan infrastruktur baik dari server ataupun inrastruktur jaringan internet

Kesimpulan

Daring.my.id melihat ini merupakan peran serta SiHi untuk membantu sekolah-sekolah lain dalam menghadapi Pandemic covid19 semoga banyak sekolah-sekolah kelas menengah atas yang saling membantu sekolah-sekolah yang belum mampu agar pendidikan di indonesia menjadi berkembang, dan satu hal lagi yang perlu jadi pertimbangan bahwa ujian dengan edutez ternyata dapat mengurangi penggunaan kertas pada setiap ujian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here