Astronomi merupakan salah satu cabang ilmu pengentahuan klasik yang mendapat perhatian besar dari ilmuwan-ilmuwan muslim. Astronomi dalam islam disebut dengan ilmu falak, ilmu ini memperoleh kedudukan tinggi menurut pandangan ilmuwan-ilmuwan muslim.

Keberadaan ilmu astronomi dirasakan sangat perlu bagi umat islam karena sangat erat dengan pelaksanaan ibadah umat muslim di dunia seperti halnya penentuan arah kiblat, waktu untuk solat 5 waktu serta tidak kalah penting penentuan awal dan akhir bulan ramadhan.

Tahukah Kamu Siapa Saja Ilmuwan Muslim pada bidang Astronomi ?

Karya-karya tokoh islam menjadi rujukan penting pada universitas di eropa selama berabad-abad.

Astrolab
sumber : https://muslimheritage.com/

HABASH AL-HASIBH

Pada abad ke-9 sampai abad ke-14 merupakan masa kejayaan Islam, pada rentang waktu inilah ilmu astromoni dikembangkan secara luas di dunia islam. Astronom-astronom hebat hadir dari tokoh islam, Tidak sedikit menghasilkan penemuan pada bidang astronomi. Habash Al-hasibh melalui pemikirannya menyusun table lengkap benda-benda jagat raya. dari hasil pemikirannya beliau membuat peta langit dan memantau gerhan matahari yang terjadi pada masanya.

ABU QASIM ABDULLAH

Beberapa astronom muslim menghasilkan teori baru yang tidak sepaham dengan teori astronom barat. seperti halnya pemikiran Abu Qasim Abdullah bersertan anaknya Abu al-Hasan Ali yang melakukan penelitian mengenai planet Mars dan Bulan pada 885-933, Kedua tokoh ini mengkritik pendapat Ptolemaeus yang menyatakan bahwa jarak kedua benda jagat raya itu bersifat konstan; sedangkan kedua tokoh muslim ini menyatakan bahwa jarak bulan dan matahari selalu berubah-ubah, sesuai gerak revolusinya.

AL-BATTANI

Al-Battani (858-929) menulis puluhan buku tentang astronomi. Yang paling terkenal adalah buku tentang pergerakan bintang-bintang. buku astronomi tersebut sudah lama diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Buku karya Al-Battani tentunya menjadi salah satu buku wajib pada masa abad pertengahan para mahasiswa yang mempelajari bidang astronomi. Karena pemikiran Al-Battani pada masa pertengahan tokoh renaisan eropa dan Copernicus cukup terpengaruh oleh karya Al-Battani.

MUHAMMAD MUSA AL KHAWARIZMI

Beliau dikenal sebagai ulama Islam yang juga menjadi ahli ilmu falak terkemuka dan yang menganggumkan beliau juga menjadi salah satu ahli matematika. lewat karyanya yang berjudul Mukhtasar fi Hisab Al-Jabr wa al-Muqabalah (Kalkulasi integral dan Persamaan) yang mempengaruhi pemikiran para cendekiawan Eropa yang kemudian sebagian karyanya diterjemahkan kedalam bahasa Latin.

Masih banyak tokoh-tokoh dan ulama-ulama muslim yang berkontribusi pada ilmu astronom dan diakui oleh dunia. Semoga di zaman ini semakin banyak tokoh-tokoh muslim yang dapat menginspirasi serta menjadi pakar di suatu bidang ilmu sains dan teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here