8 Hal Penting dalam Membuat Screencast

0
197

Dalam merancang Screencast sangat penting untuk membuat perencanaan dalam memberikan instruksi yang berkualitas dan sistematis. pada artikel ini saya membagi perencanaan screencast menjadi delapat agar pembuatan screencast menjadi lebih efektif

Topik

Pertama memberikan judul yang spesifik yang terkait dengan topik konten dari pelajaran atau perihal yang ingin diinstruksikan. Tentukan apakah format screencast berupa presentasi, tutorial atau demonstrasi.

Tujuan
Menentukan tujuan pembelajaran dari screencast yang dibuat

Script / Outline
Dari tujuan pembelajaran buatlah skrip / outline untuk menentukan langkah demi langkah agar hasil yang didapat lebih efisien dan efektif. serta tidak terdapat frame/jeda pada saat membuat screencast

Latihan
Latihan diperlukan sebelum merekam screencast yang akan dibuat agar pada saat melakukan perekaman kita sudah mahir dalam menguasai materi pembelajaran yang ingin disampaikan.

Waktu Perekaman
Dalam membuat screencast dianjurkan tidak lebih dari 10 s.d 12 menit. pada hal ini kamu memiliki opsi untuk melakukan editing setelah screencast selesai direkam.

Ukuran File Rekaman
Beberapa ukuran umum sesuai dengan masing-masing platform antara lain
blog : 640×360
Youtube : 1280 x 720

Editing Video
Ketika perekaman pembuatan screencast telah selesai adabaiknya anda mereview kembali dan melakukan editing video screencast tersebut yang nantinya dapat menambahkan efek khusus, musik, audio atau klip video lainnya.

Publikasi Video
Anda dapat mempublikasikan video screencast ke berbagai format. seperti halnya software camtasia yang memungkinkan anda untuk merender hasil screencast menjadi WMV, MOV, AVI, MP4 (iPod, iPhone), Video yang kompatibel dengan iTunes, Mp3 (Hanya Audio), GIF (File Animasi dan banyak pengaturan khusus lainya dalam merender.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here